Selamat Datang

Anda memasuki Wilayah Zona Integritas Pengadilan Agama Boyolali Wilayah Bebas dari Korupsi Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.
Selamat Datang

Program Prioritas Badilag

Program Prioritas Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Tahun 2025
Program Prioritas Badilag

Formulir Gugatan

Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Pada Pengadilan Agama Boyolali, kami berkominten untuk senantiasa mempermudah layanan untuk Para Pencari Keadilan. Salah satunya kami wujudkan dalam Bentuk Formulir Gugatan Online yang bisa di unduh di Website Pengadilan Agama Boyolali pada Link Layanan Publik.
Formulir Gugatan

Maklumat Pelayanan

Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dengan penuh tanggung jawab serta selalu melakukan perbaikan secara terus-menerus, apabila pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar, kami siap memberikan kompensasi dan/atau menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Maklumat Pelayanan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court Mahkamah Agung RI

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court Mahkamah Agung RI

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Posbakum

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara cuma-cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum.
Posbakum

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan, ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi / Pengaduan kepada Pimpinan Pengadilan Agama Boyolali pada hari dan jam kerja.
STOP GRATIFIKASI

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Boyolali | Media Informasi dan Transparansi Pengadilan | Waspada terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan pimpinan dan pegawai Pengadilan Agama terkait dengan janji mempermudah proses berperkara dengan permintaan imbalan sejumlah uang.


 

 

      


 


BERITA PENGADILAN AGAMA BOYOLALI



 

 PIAGAM PENGHARGAAN

 

 

 

 

Tiga Puluh Enam Ketua MS/PA Kelas IA Tandatangani Kontrak Kinerja

Tiga Puluh Enam Ketua MS/PA Kelas IA Tandatangani Kontrak Kinerja

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Disaksikan Dirjen Badilag Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H, tiga puluh eman Ketua MS/PA Kelas IA menandatangani kontrak kinerja, Jum'at (21/2). Acara yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat MA, lantai 12, ini juga dihadiri ketua PTA Jakarta, para pejabat eselon II dan III Ditjen Badilag. Dari tiga puluh tujuh ketua MS/PA yang diundang untuk manandatangani kontrak kinerja, hanya tiga puluh enam yang hadir. Satu orang berhalangan karena sakit.

Para Ketua MS/PA kelas IA ini juga menerima Surat Keputusan (SK) Promosi dan Mutasi berdasarkan pengumuman hasil TPM tanggal 6 Februari 2020. SK promosi dan mutasi ini diserahkan langsung oleh Dirjen Badilag.

Dirjen Badilag dalam pembinaannya mengatakan, penyerahan langsung SK promosi dan mutasi ini merupakan kali kedua dilakukan oleh Ditjen Badilag. Ia menjelaskan, MS/PA kelas IA merupakan role model dan inspirasi bagi PA yang lain. "Kenapa hanya ketua MS/PA kelasi IA yang merima SK secara langsung, karena MS/PA kelas IA adalah contoh bagi PA kelas IB dan kelas II," tutur Aco Nur.

image003

Acu Nur juga berharap kepada para ketua MS/PA kelas IA yang baru mendapat SK, untuk menjalankan amanah dan menjadikan peradilan agama lebih baik. "Saya juga mengapresiasi bapak dan ibu yang telah merespon dengan cepat kebijakan Ditjen Badilag," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dilakukan pemutaran video tentang profil pengadilan Agama khususnya tentang dekorum ruang sidang dan K3 (kebersihan, kenyamanan dan keindahan ). Pemutaran video Profil tiga puluh tujuh PA dilakukan secara bergiliran dan dinilai oleh juri yang terdiri dari para pejabat eselon II Ditjen Badilag .

Hasilnya, dari tiga puluh tujuh MS/PA terdapat lima MS/PA yang menurut penilaian tim juri masih belum menerapkan K3."Terdapat lima MS/PA yang belum menerapkan K3. Dari ruang sidang yang tidak sesuai standar, kamar mandi masih kotor dan berlumut serta area parkir kotor. Kalau fasilitas seperti ini, bagaimana bisa melayani masyarakat dengan baik. Sudah saatnya kita memanjakan masyarakat pencari keadilan," ujar Sekretaris Ditjen Badilag, Drs. Arief Hidayat, S.H, M.M, mewakili tim juri penilai.

image005

Dari hasil Penilaian ini Aco Nur berharap, lima MS/PA untuk segera memperbaiki ruang sidang dan beberapa fasilitas bagi masyarakat yang berpekara di Pengadilan Agama."Tujuan saya dengan penilaian ini untuk membuat peradilan agama lebih baik lagi. Saya beri waktu dua minggu untuk segera memperbaikinya. Setelah diperbaiki kirim video atau fotonya ke saya," tegasnya.(RA/ Foto : AR)

  • Contoh Format Gugatan
  • Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Prosedur Pengaduan

 

No
Jenis Perkara Contoh Format
1.
  Cerai Gugat Biasa Download
2.   Cerai Gugat Ghaib Download
3.
  Cerai Talak Biasa Download
4.   Cerai Talak Ghaib Download
5.   Itsbat Nikah Permohonan Download
6.   Itsbat Nikah Contentius Download
7.   Penetapan Ahli Waris Download
8.   Permohonan Perwalian Download
 9.   Wali Adhol Download

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 

Selengkapnya

 

 

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

informasiKetua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

 

 Selengkapnya

 

 

Syarat dan Tata Cara Pengaduan

aduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

 Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Solo - Semarang Km. 23 Mojosongo 57322 

Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

          Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Instagram : pa_boyolali

Tautan Aplikasi