Sosialisasi Kebijakan Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2024 oleh BUA MA RI

Ditulis oleh legowo_endra on .

Ditulis oleh legowo_endra on . Dilihat: 481

Sosialisasi Kebijakan Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2024 oleh BUA MA RI

 

Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung RI pada Kamis, (11/05/23) telah menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Pagu Indikatif untuk Tahun Anggaran 2024. Sosialisasi dilaksanakan atas tindak lanjut surat bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Menteri Keuangan Nomor B.292/M/PPN/D.8/PP.04.02/04/2023 dan S-287/MK.02/2023 tanggal 10 April 2023 tentang Pagu Indikatif Belanja Kementerian/Lembaga dan Dana Alokasi Khusus TA 2024. Ketua Pengadilan Agama Boyolali, Drs. Media Rinaldi, MA., didampingi Sekretaris, Fitri Sayekti, SH, MM. dan Kasubag. PTIP Indra Permana, S. Kom mengikuti sosialisasi yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut di Ruang Media Center.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI oleh seluruh peserta. Para Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama di seluruh Lingkungan Badan Peradilan di Indonesia juga turut menghadiri sosialisasi secara daring di Ruang Media Center masing-masing. Bertindak selaku narasumber H. Sahwan, S.H., M.H. Kepala Biro Perlengkapan BUA Mahkamah Agung, Bappenas dan Kementerian Keuangan.

 

 

Musha, narasumber yang berasal dari BAPPENAS menyampaikan materi perihal persiapan penyusunan pagu indikatif MA tahun anggaran 2024. "Bappenas melakukan penalaahan yang berfokus pada ketepatan penuangan prioritas pembangunan, ketepatan sasaran dan indicator program dan kegiatan, serta kesesuaian RO prioritas beserta target, lokasi dan alokasi pada rancangan Renja K/L", ujar Musha. Tahun 2024 merupakan tahun terakhir dari periode RPJMN, sehingga di tahun 2023 ini K/L diharuskan untuk kembali menyusun Renstra. Diakhir materinya, Musha menekankan bahawa belanja K/L haruf berfokus pada penyelesaian Major Project dan proyek-proyek yang bersifat strategis lainnya yang sejalan dengan tema dan penekanan RKP 2024.

Selain dari BAPPENAS, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan yang diwakili oleh Yuni Gunarti, menyampaikan material tentang penyusunan renja K/L tahun anggaran 2024. Ia memaparkan tiga materi pokok pada kesempatan ini, yaitu arah kebijakan fiskal tahun 2024, kebijakan belanja K/L tahun anggaran 2024, dan pagu anggaran Mahkamah Agung. Yuni Gunarti mengatakan bahwa tema kebijakan fiskal di tahun 2024 yaitu, Mempercepat Transformasi Ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. "Alokasi dalam pagu indikatif MA RI tahun 2024 dibagi untuk tiga belanja, yaitu belanja pegawai, belanja barang operasional dan belanja non operasional", papar Yuni Gunarti.

H. Sahwan., S.H., M.H. menjelaskan bahwa usulan anggaran Mahkamah Agung Tahun Anggaran 2024 diprioritaskan untuk pemenuhan dana Pemilu Tahun 2024. Selain itu, Pemerintah juga masih berfokus pada prioritas pembangunan nasional Ibu Kota Nusantara (IKN). Berdasarkan Tema Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Tahun 2024 yakni "Mempercepat Transformasi Ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan" maka prioritas nasional selanjutnya yakni Penyelesaian Infrastruktur Pemerintah demi layanan kepada masyarakat yang lebih sempurna.

"Dengan anggaran yang terbatas ini diharapkan setiap satuan kerja dapat menggunakan anggaran tersebut secara optimal", tutur H. Sahwan, S.H., M.H. sebagai penutup materi sosialisasi pada hari ini.

 

_PA Boyolali PASTI_

Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Integritas

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Solo - Semarang Km. 23 Mojosongo 57322 

Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

          Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Instagram : pa_boyolali

Tautan Aplikasi