Persiapan Pelaksanaan Progam Bantuan Hukum Sidang Itsbat Nikah Terpadu Bagi Masyarakat Kabupaten Boyolali Tahun 2022

Ditulis oleh legowo_endra on .

Ditulis oleh legowo_endra on . Dilihat: 33

Persiapan Pelaksanaan Progam Bantuan Hukum Sidang Itsbat Nikah Terpadu Bagi Masyarakat Kabupaten Boyolali Tahun 2022

Boyolali (17/11/2022) Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan progam Bantuan Hukum Sidang Itsbat Nikah Terpadu Bagi Masyarakat Kabupaten Boyolali Tahun Anggaran 2022, Sekretariat Daerah Pemerintah Daerah Boyolali mengundang Pengadilan Agama Boyolali, Disdukcapil Kabupaten Boyolali, Kementerian Agama Boyolali, dan serta beberapa Camat wilayah Kabupaten Boyolali. Bertempat di Ruang Kenanga Kantor Setda Kab. Boyolali pada pukul 09.00 WIB turut hadir dari Pengadilan Agama Boyolali yaitu Ketua Pengadilan Agama Boyolali Bp. Drs. Media Rinaldi, M.A., Panitera Moch. Fauzi, S.Ag, Panitera Muda Permohonan Moh. Dawam S.H., Panitera Muda Gugatan Mubarok, S.H., Panitera Pengganti Fitriyadi S.H dan Petugas Pendaftaran Faishol Muttaqien S.E.

Dalam hal ini Rapat digelar mengenai kesiapan progam Itsbat Nikah yang mana untuk membantu masyarakat Kabupaten Boyolali yang tidak mempunyai dokumen buku nikah. Semua instansi terkait berupaya memfasilitasi kegiatan satu pintu melalui Program tersebut yang rencannya diselenggarakan pada 30 November 2022 di Kantor Pemerintah Kabupaten Boyolali. Progam Itsbat nikah dinilai penting untuk memberi kepastian hukum kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Kompetensi absolut Pengadilan Agama adalah memeriksa, memutus, dan menyelesaikan suatu perkara antara orang-orang yang beragama Islam pada tingkat pertama. Dalam hal ini Pengadilan Agama Boyolali mencatat Jumlah perkara itsbat nikah terpadu yang sudah diperiksa dan akan disidangkan dalam persidangan nantinya sebanyak 7 pasangan suami istri, yang mana dari 10 pendaftar ada 3 peserta yang tidak  lolos seleksi dan verifikasi dikarenakan ketentuan peraturan yang berlaku.

Progam ini bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan. Bukti pernikahan berupa akta nikah sangat dibutuhkan bagi setiap pasangan yang sudah menikah sebagai bukti otentik dan dokumen.

Tujuan itsbat nikah ini dilaksanakan memberi legalitas identitas hukum kepada pasangan yang sah yang diakui oleh negara lewat pemberian buku nikah dan akta kelahiran setelah prosesi Itsbat nikah. masih banyak perkawinan yang tidak tercatat

Penyelesaian perkara yang disidangkan apabila dinyatakan dikabulkan oleh Hakim, pemohon sidang Itsbat Nikah Terpadu akan menerima salinan Penetapan dari Pengadilan Agama Boyolali, Dokumen tersebut dipergunakan untuk pengurusan Buku Nikah di KUA dan surat-surat seperti KK, KTP, Akta Kelahiran di Dukcapil serta untuk kepentingan-kepentingan lain. (FAR)

PA Boyolali (PASTI)

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Solo - Semarang Km. 23 Mojosongo 57322 

Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Instagram : pa_boyolali

Tautan Aplikasi