PA BOYOLALI IKUTI PEMBINAAN TEKNIS DAN ADMINISTRASI YUDISIAL PENGADILAN AGAMA DI WILAYAH HUKUM PTA SEMARANG

Ditulis oleh legowo_endra on .

Ditulis oleh legowo_endra on . Dilihat: 28

PA BOYOLALI IKUTI PEMBINAAN TEKNIS DAN ADMINISTRASI YUDISIAL PENGADILAN AGAMA DI WILAYAH HUKUM PTA SEMARANG


WartaPABoy - Solo, Selasa 6 September 2022 Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, dan Panitera Pengganti Pengadilan Agama Boyolali mengikuti kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial Pengadilan Agama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB yang bertempat di Hotel Tosan Jl. Ir Sukarno, Solo Baru, Sukoharjo. yang diselenggarakan oleh PTA Semarang tersebut guna meningkatkan percepatan penyelesaian perkara.

Hakim Agung Kamar Agama, Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis (Dirbinganis) Badilag MA RI yang memberikan materi pembinaan kepada para Hakim Tinggi (Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Tinggi Pengawas Daerah Korwil Surakarta), Hakim Tingkat I (Ketua Koorwil PA se Jateng, Ketua, Wakil dan Hakim PA se Korwil Surakarta) serta Panitera, Sekretaris dan Panitera Pengganti baik Tingkat Banding dan Tingkat I se Korwil Surakarta).

Wakil Ketua KY, Drs. M. Taufiq H.Z., M.H.I. menyampaikan materi perihal Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa masih ada Aparatur Pengadilan yang melakukan pelanggaran-pelanggaran moral yang berat, bahkan hingga harus ditangani Majelis Kehormatan yang berujung pada pemecatan.

Sementara itu Hakim Agung Kamar Agama, YM. Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum. menyampaikan hasil temuan pada berkas di Pengadilan Tingkat Pertama yang kasasi di Mahkamah Agung. Dari berkas-berkas tersebut ditemukan antara lain bahwa para hakim kurang aktif dalam menggali fakta-fakta hukum

Sementara itu Direktur Binganis, Dr. H. Chandra Boy Seroza, S.Ag, M.Ag., dalam materi pembinaannya menyampaikan bahwa seluruh satker yang diusulkan kenaikan kelas semuanya dikabulkan, adapun tujuan utama dari kenaikan kelas pengadilan adalah untuk peningkatan layanan kepada masyarakat dan di tahun 2022 ini adalah tahun evaluasi dan akselerasi untuk mewujudkan peradilan yang modern dan memberikan layanan kelas dunia.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Solo - Semarang Km. 23 Mojosongo 57322 

Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Instagram : pa_boyolali

Tautan Aplikasi