logo web trans

Area 4 - Penguatan Akuntabilitas Kinerja

Ditulis oleh Indra Permana on .

Ditulis oleh Indra Permana on . Dilihat: 75

AREA IV - PENGUATAN AKUNTABILITAS

Penguatan akuntabilitas kinerja bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja Pengadilan Agama Boyolali.

Target yang ingin dicapai pada area ini adalah:

  1. Meningkatnya kinerja instansi pemerintah
  2. Meningkatnya akuntabilitas instansi pemerintah.

Atas dasar tersebut maka, untuk mengukur pencapaian program ini digunakan indikator-indikator sebagai berikut:

1. Adanya keterlibatan pimpinan.

- Pimpinan harus terlibat secara langsung saat penyusunan perencanaan.

Melaksanakan rapat perencanaan kegiatan dan anggaran yang dipimpin oleh ketua Pengadilan Agama Boyolali.

Kegiatan tersebut didukung: undangan, notulen, daftar hadir, foto rapat dan dokumen perencanaan kegiatan dan anggaran

Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan penetapan kinerja, perjanjian kinerja, melalui rapat penetapan IKU yang berorientasi hasil kepada masyarakat/anggota yang dipimpin. Kegiatan tersebut didukung undangan, notulen, daftar hadir, foto rapat, dan dokumen perjanjian kinerja.

- Pimpinan harus selalu memantau capaian kinerja secara berkala setiap bulan yang di pimpin oleh ketua pajs. Kegiatan tersebut dilengkapi data dukung: berupa undangan, notulen, daftar hadir, foto rapat dan dokumen pemantauan capaian kinerja setiap bulan.

2. Pengelolaan akuntabilitas kinerja

- Membuat dokumen perencanaan kinerja jangka pendek (renja tahunan), rencana strategis (renstra) 5 tahunan

- Memiliki dokumen perencanaan kerja jangka pendek dan rencana strategis serta penetapan kinerja. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung dokumen renja, dokumen renstra, dan dokumen penetapan kinerja.

Dokumen perencanaan harus berorientasi kepada hasil meliputi:

a. Membuat turunan renja yang mendukung peningkatan pelayanan public(penetapan standar layanan, budaya layanan prima, survey kepuasan masyarakat).

b. Membuat turunan renja yang mendukung kegiatan anti korupsi (pengendalian gratifikasi penerapan SPIP, pengaduan  masyarakat, WBS). Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: dokumen turunan renja yang mendukung peningkatan layanan publik dan mendukung kegiatan anti korupsi.

Indikator kinerja utama (IKU)

a) Memiliki IKU yang ditetapkan organisasi.

b) Membuat IKU tambahan sesuai dengan karakteristik satuan kerja yang mendukung peningkatan pelayanan public. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: dokumen IKU dan IKU tambahan.

c) Indikator kinerja utama telah dilaksanakan dengan prinsip SMART. kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung dokumen IKU tambahan dengan prinsip SMART.

d) Laporan kinerja disusun tepat waktu.

Menyusun LKJIP secara tepat waktu(bulan Februari pada tahun berikutnya). Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung dokumen LKJIP, surat permintaan LKJIP.

e) Laporan kinerja harus memberikan informasi tentang LKJIP yang memberikan informasi tentang kinerja. Kegiatan tersebut dilengkapi data dukung berupa dokumen LKJIP

f) Upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja

Melakukan upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja dengan mengikut sertakan pegawai dalam bintek/sosialisasi penyusunan LKJIP. Kegiatan tersebut dilengkapi data dukung dokumen laporan bintek/diklat/sosialisasi penyusunan dokumen LKJIP.

g) Pengelolaan akuntabilitas kinerja oleh SDM yang kompeten:

Menempatkan pegawai yang memiliki kompetensi pada bidang pengelolaan akuntabilitas.

1. Personil pengelolaan akuntabilitas telah memiliki sertifikat piagam penyusunan LKJIP.

2. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung daftar pegawai yang telah mengikuti diklat.

Adapun eviden untuk mencapai target-target adalah sebagai berikut :

 AREA IV PENGUATAN AKUNTABILITAS KINERJA 

 

 Keterlibatan pimpinan

a.

Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan 

1.

Undangan, notula, daftar hadir, foto

2.

Dokumen perencanaan kegiatan dan anggaran

b.

Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja 

1.

Undangan, notula, daftar hadir, foto

2.

Dokumen Perjanjian Kinerja

c.

Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala

1.

Rapat Penyesuaian LKjIP dan SK Satgas SAKIP

2.

Laporan Kinerja Triwulan

 Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja

a.

Apakah dokumen perencanaan sudah ada

1.

RKAKL

2.

Renstra

3.

RKT

4.

PKT

5.

LKjIP

b.

Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil

1.

RKAKL

2.

Renstra

3.

RKT

4.

PKT

5.

LKjIP

c.

Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU)

IKU

d.

Apakah indikator kinerja telah SMART

1.

IKU

2.

Laporan Hasil Evaluasi KLKjIP oleh Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah

e.

Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu

Dokumen pengiriman LKjIP

f.

Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja

Laporan Hasil Evaluasi KLKjIP oleh Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah

g.

Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja

Pelatihan penyusunan dokumen SAKIP

h.

Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten

1.

Undangan, Surat Tugas, Foto

2.

SK Tim Penyusunan SAKIP dan Surat Keterangan

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Pandanaran No. 167 Boyolali   57311

Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Instagram : pengadilanagamaboyolali

Tautan Aplikasi