logo web trans

Rapat Koordinasi Pimpinan Peradilan Agama di Jawa Tengah dan Launching Aplikasi Pendukung SIPP Tingkat Banding

Ditulis oleh Indra Permana on .

Ditulis oleh Indra Permana on . Dilihat: 39

Rapat Koordinasi Pimpinan Peradilan Agama di Jawa Tengah dan Launching Aplikasi Pendukung SIPP Tingkat Banding

 

Pada Kamis 20 Februari 2020 semua Pimpinan Peradilan Agama se Jawa Tengah (Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Ketua PA, Panitera dan Sekretaris PA) melaksanakan Rapat Koordinasi di Patra Hotel Semarang. Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula Pembinaan oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung R.I. secara jarak jauh (teleconference) bersama Pengadilan Tinggi Agama Kupang dan Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya yang sekaligus melaunching (meresmikan pemanfaatan) aplikasi pendukung SIPP Tingkat Banding.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung serta dilantunkannya ayat suci Al Qur’an oleh Mansur Maliki, S.Sos. Qori dari Kantor Wilayah Kemenag Jateng juara Juara I MTQ KORPRI Tk Provinsi Jateng.

Drs. H. J. Thanthowie Ghanie, S.H. M.H., Hakim Tinggi PTA Semarang, selaku Ketua Pelaksana Rakor dalam laporannya menyampaikan bahwa acara Rakor kali ini diikuti oleh semua Hakim Tinggi PTA Semarang, Pejabat Struktural dan Fungsional PTA Semarang, semua Ketua, Panitera dan Sekretaris PA se Jawa Tengah yang siap menerima pembinaan secara teleconference dari Bapak Dirjen Badilag M.A.R.I. dan materi-materi dari Pimpinan PTA Semarang hasil dari Rapat Koordinasi dengan Dirjen Badilag di Denpasar Bali serta penyampaian kiat-kiat Pengadilan Agama Semarang memperoleh predikat ZI WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi) oleh Ketua PA Semarang.

Dalam sambutannya, Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, menyatakan bahwa rapat koordinasi ini memiliki nilai yang sangat strategis dalam upaya menyamakan persepsi dan pemahaman, menyatukan gerak langkah dan tujuan serta evaluasi terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul untuk dapat dicari solusinya bersama dalam rangka memperbaiki kinerja serta menghadapi hambatan dan tantangan yang ada.

Sesaat setelah secara resmi acara Rapat Koordinasi dibuka oleh Ketua PTA Semarang, dilaksanakanlah pembinaan oleh Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., Dirjen Badilag M.A.R.I. secara teleconference dari Jakarta.

Dirjen Badilag dalam sambutannya menyampaikan program unggulan Badilag pada tahun 2020 ini yang meliputi 3 aspek, yaitu: Zona Integritas, Dekorum Ruang Sidang dan program Kebersihan, Keindahan dan Kerapihan (K3). Dirjen Badilag sangat berharap semua aparatur Pengadilan Agama agar melaksanakan program-program yang sudah dicanangkan oleh Badilag.  Para Pimpinan Peradilan Agama harus mampu membaca, merenungi dan merespon kebijakan-kebijakan Badilag yang mempunyai nilai positif dalam rangka membangun Peradilan Agama sebagai Peradilan yang modern.

Pada akhir pembinaannya Dirjen Badilag melaunching/meresmikan pemanfaatan aplikasi pendukung SIPP Tingkat Banding PTA Semarang.  Aplikasi pendukung ini dimaksudkan untuk menunjang kinerja dan tugas pokok khususnya Hakim dan Panitera Pengganti yang memudahkan dalam mengelola, memonitoring dan mencetak dokumen pendukung yang dibutuhkan dalam proses berjalannya perkara pada Pengadilan Tingkat Banding. Dengan adanya aplikasi pendukung SIPP Tingkat Banding ini kegiatan menulis register, jurnal keuangan perkara, maupun pembuatan dokumen pendukung lainnya dapat dilakukan secara elektronik. Fitur ini mencakup e-register, e-keuangan, dan e-dokumen. Selain menunjang kinerja dalam lingkup kepaniteraan, aplikasi pendukung juga dilengkapi dengan fitur untuk masyarakat pencari keadilan dengan adanya notifikasi perkara. Setiap perkara yang sudah diregister maupun diputus akan disampaikan melalui sms atau pesan singkat oleh sistem kepada para pihak.

Dengan berakhirnya pembinaan oleh Dirjen Badilag acara dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi yang berisi sosialisasi hasil Rakor dengan Dirjen Badilag di Denpasar Bali. Nara sumbernya adalah pertama, Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., Ketua PTA Semarang yang membawakan materi hasil rakor Komisi Teknis Yudisial, kedua, Drs. Iskandar Paputungan, M.H., Wakil Ketua PTA Semarang yang menyampaikan materi tentang permasalahan teknis administrasi perkara, ketiga, Tukiran, S.H., M.M., Panitera PTA Semarang dengan materi Hasil Sidang Komisi Administrasi Kepaniteraan, dan Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., Sekretaris PTA Semarang yang menyampaikan materi perihal Hasil Rapat sidang Komisi Kesekretariatan. Acara Rakor ini dikemas dalam bentuk diskusi panel yang dimoderatori oleh H. Sarwohadi, S.H., M.H. Hakim Tinggi PTA Semarang.

Selesai penyampaian materi sedianya dilakukan tanya jawab akan tetapi karena waktunya tinggal setengah jam sebelum ishoma maka dilanjutkan dengan penyampaian kiat-kiat Pengadilan Agama Semarang dalam menyabet predikat ZI-WBK oleh Ketua PA Semarang, Drs. H. Anis Fuadz, S.H., dan Sekretaris PA Semarang, H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M.

Selesai ishoma dilanjutkan penyampaian pertanyaan oleh peserta Rakor kepada para Nara Sumber berkaitan dengan materi yang telah disampaikan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas di masing-masing satker. Hal-hal yang ditanyakan seputar kendala dalam sistem rogatori, notifikasi sisa panjar yang lambat, legalisasi dokumen, sistem pembayaran via bank, kumulasi gugatan, retensi arsip, hingga ribetnya sewa rumah dinas untuk para hakim.

Begitu antusiasnya para peserta rapat koordinasi dalam menyampaikan permasalahan-permaslahan yang dihadapi sementara waktu yang terbatas maka moderator meminta kepada para peserta untuk menuliskannya dalam secarik kertas untuk kemudian didiskusikan jawabannya di PTA Semarang hasilnya akan dikirim ke masing-masing peserta berupa hasil rapat koordinasi secara lengkap untuk bisa dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Akhirnya rapat koordinasi sehari penuh tersebut ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua PTA Semarang dengan harapan apa yang sudah disampaikan oleh Dirjen Badilag MARI, rumusan hasil rapat koordinasi dengan Dirjen Badilag di Denpasar Bali, dan kebijakan-kebijakan PTA Semarang bisa diimplementasikan dalam satker masing-masing. (f&n)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Pandanaran No. 167 Boyolali   57311

Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Instagram : pengadilanagamaboyolali

Tautan Aplikasi