logo web trans

Pembinaan KPTA Semarang di PA Brebes “9 Aplikasi Peradilan Agama Sebuah Keniscayaan”

Ditulis oleh Indra Permana on .

Ditulis oleh Indra Permana on . Dilihat: 18

Pembinaan KPTA Semarang Di PA Brebes “9 Aplikasi Peradilan Agama Sebuah Keniscayaan”

 

Brebes, Kamis, 07 Nopember 2019 setelah sholat ashar berjamaah seluruh pegawai Pengadilan Agama Brebes berkumpul di Aula.  Lewat pengeras suara diumumkan bahwa Pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang akan dilakukan pada jam 15.30. Acara yang dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Brebes Drs. H. Abd. Basyir, M.Ag sekaligus memberikan sambutan selamat datang kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, dalam sambutannya Ketua PA. Brebes atas nama semua jajaran Pengadilan Agama Brebes menyampaikan terimakasih dan juga mohon kepada Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama memberikan sambutan dan oleh-oleh informasi setelah acara IKAHI di Bandung.

Pada kesempatan tersebut DR. H. Bahruddin Muhammad, SH, MH memberikan pembinaan kepada seluruh jajaran Pengadilan Agama Brebes mulai dari unsur hakim sampai dengan tenaga honor menyimak dengan antusias informasi-informasi yang disampaikannya. Dalam pembinaannya KPTA menyampaikan hasil Munas IKAHI di Banding, ada beberapa pesan Dari Ketua Kamar Agama yang harus dipedomani oleh para hakim. Walaupun Mahkamah Agung menghimbau percepatan penyelesaian perkara, namun hukum acara jangan pernah dilanggar dan hakim sebagai wakil Tuhan harus menjaga identitas dan etika sebagai hakim. KPTA juga mengingatkan tentang surat bernomor 3396/DjA/OT.02.1/VII/2019 perihal Uji Coba 9 (Sembilan) Aplikasi Inovasi Pelayanan Peradilan Agama, Dirjen Badilag peluncuran 9 aplikasi layanan terdiri dari 5 (lima) layanan langsung untuk masyarakat pencari keadilan yaitu Notifikasi Perkara, Informasi Produk Pengadilan, Antrean Sidang, Basis Data Terpadu Kemiskinan, Command Center; dan 4 (empat) layanan yaitu : PNBP Fungsional, E-Eksaminasi, E-Register dan E-Keuangan diperuntukan bagi intern Pengadilan Agama. Kesembilan aplikasi ini telah di launching tanggal 18 September 2019.

 

Maka Pengadilan Agama Brebes harus memberikan respon yang baik atas peluncuran aplikasi tersebut dengan menindaklanjuti dengan menginventarisir kebutuhan dalam pengoperasian ke 9 aplikasi tersebut. KPTA juga menyampaikan bahwa “9 Aplikasi Peradilan adalah sebuah keniscayaan bagi seluruh warga peradilan agama, saat ini suka tidak suka mau tidak mau warga peradilan terutamanya hakim harus mampu menggunakan dan menerapkan ke 9 aplikasi tersebut, artinya seluruh hakim dan seluruh pejabat kepaniteraan bahkan seluruh pegawai pada Pengadilan Agama harus ramah terhadap teknologi dan 9 aplikasi dimaksud” Demikian KPTA mengakhiri pembinaannya.

 

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Brebes juga menyampaikan bahwa PA. Brebes dan PA. Cilacap akan mendapatkan hibah pembangunan ruang tunggu sidang senilai 25 juta rupiah dari BRI Syari’ah. Untuk menindaklanjuti hibah tersebut, pada tanggal 13 Nopember 2019 Pimpinan Pusat BRI Syariáh akan menyerahkan secara simbolis hibah tersebut kepada KPTA. Semarang di Semarang. (ns)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Pandanaran No. 167 Boyolali   57311

Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi