logo web trans

Tim Asessment Ditjen Badilag Lakukan Audit Asessment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) di Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Ditulis oleh Indra Permana on .

Ditulis oleh Indra Permana on . Dilihat: 20

Tim Asessment Ditjen Badilag Lakukan Audit Asessment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) di Pengadilan Tinggi Agama Semarang

 

Semarang│17102019

Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung R.I. Nomor 4733/DJA/OT.01.3/X/2019 tanggal 9 Oktober 2019 perihal Pelaksanaan Asessmen Surveilance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Gelombang II tahun 2019 Tim Asessmen Ditjen Badilag telah melakukan asessment surveilance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) di Pengadilan Tinggi Agama Semarang (sebelumnya telah terakreditasi A (excellent)) pada Rabu 17 Oktober 2019. Pada kurun waktu yang hampir bersamaan juga telah dilaksanakan hal yang sama terhadap 20 Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Semarang yang sebagian besar (18 Pengadian Agama) telah terakreditasi A (excellent) dan 2 Pengadilan Agama terakreditasi B.

Drs. H. Nasichin A. Manan, S.H.,M.H. Hakim Tinggi selaku Ketua Tim APM Pengadilan Tinggi Agama Semarang mempresentasikan “Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Tinggi Agama Semarang” di hadapan Tim Asessment Ditjen Badilag (Bambang Subroto, S.H., M.H. (Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana (Ortala) Sekretariat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) dan Fathkul Ma’arif), Drs. H. Iskandar Paputungan, S.H. (Wakil Ketua PTA Semarang, para Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta para Staf PTA Semarang.

 

Sementara itu Bp. Bambang Subroto, S.H., M.H. menyatakan bahwa maksud diadakannya Asessmen Surveilance ini adalah untuk memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan mutu layanan kepada para pencari keadilan. Juga diuraikan bagaimana perubahan SAPM menjadi APM dan hubungannya dengan Zona Integritas. Dimana dalam SAPM menekankan pada standarisasi tugas pokok sehari-hari sementara dalam APM lebih kepada siapa mengerjakan apa.

Pada akhir pertemuan tersebut, Wakil Ketua PTA Semarang menyampaikan bahwa Bapak Ketua PTA Semarang berkirim salam kepada Tim Asessment Ditjen Badilag disertai permohonan maaf tidak dapat menghadiri pertemuan karena ada tugas sebagai Nara Sumber Diklat Hakim di Bogor, Juga ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Asessment Ditjen Badilag atas kunjungan, arahan dan masukan berharga bagi Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang sedang mempertahankan nilai akreditasi A (excellent) yang telah diperoleh. "Mempertahankan paling sulit dibanding mencapainya”, demikian diungkapkan Drs. H. Iskandar Paputungan, S.H. Wakil Ketua PTA Semarang. Lebih lanjut dikemukakan bahwa Akreditasi Penjaminan Mutu dan Zona Integritas muaranya adalah pelayanan yang prima kepada para pencari keadilan yang bebas korupsi kolusi dan nepotime, tanpa ada pungutan-pungutan lagi.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Pandanaran No. 167 Boyolali   57311

Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi