Selamat Datang

Anda memasuki Wilayah Zona Integritas Pengadilan Agama Boyolali Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.
Selamat Datang

Predikat Akreditasi

Pengadilan Agama Boyolali mendapatkan nilai Akreditasi Penjaminan Mutu dengan nilai : "A" (Excellent) dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.
Predikat Akreditasi

Maklumat Pelayanan

Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dengan penuh tanggung jawab serta selalu melakukan perbaikan secara terus-menerus, apabila pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar, kami siap memberikan kompensasi dan/atau menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Maklumat Pelayanan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court Mahkamah Agung RI

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court Mahkamah Agung RI

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Posbakum

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara cuma-cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum.
Posbakum

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan, ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi / Pengaduan kepada Pimpinan Pengadilan Agama Boyolali pada hari dan jam kerja.
STOP GRATIFIKASI

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah meluncurkan 11 Aplikasi Inovasi yang bertujuan untuk mewujudkan manajemen Peradilan Agama yang modern dan meningkatkan akses masyarakat terhadap Peradilan Agama.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Boyolali | Media Informasi dan Transparansi Pengadilan | Waspada terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan pimpinan dan pegawai Pengadilan Agama terkait dengan janji mempermudah proses berperkara dengan permintaan imbalan sejumlah uang.


 

biaya perkara

 


 

ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA BOYOLALI

 


BERITA PENGADILAN


 

 

 

 

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Pimpin Lanjutan Kegiatan Penyusunan Media Informasi Penyandang Disabilitas Peradilan Agama

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Pimpin Lanjutan Kegiatan Penyusunan Media Informasi Penyandang Disabilitas Peradilan Agama

Tangerang Selatan | badilag.mahkamahagung.go.id

Setelah sebelumya melaksanakan penyusunan substansi muatan media informasi selama 3 hari bertempat di Hotel Horison Ultima Bekasi, tak mau berlama-lama Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. lanjutkan kegiatan pembuatan media informasi tersebut. Bertempat di Hotel Santika Serpong dan direncanakan berlangsung selama 3 hari kegiatan pembuatan media informasi ini mengundang pihak yang telah memiliki pengalaman, kompetensi, dan kapabilitas dalam membuat media informasi yakni Dra. Cucu Nuraeni yang merupakan Wakil Kepala SLB A Pembina Tingkat Nasional. Ibu Direktur Pembinaan Adminitrasi Peradilan Agama sengaja menggandeng SLB A Pembina Tingkat Nasional karena penyusunan media informasi ini harus optimal, bermutu tinggi, dan harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi teman-teman kalangan disabilitas. “Pembuatan media informasi ini harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh penuh keseriusan, ditangani oleh pihak yang ahli dan memiliki kompetensi, dan nanti outputnya harus telah dilakukan uji terlebih dahulu apakah benar-benar efektif, tidak rumit, dan memberikan dampak yang besar dalam membantu mewujudkan aksesibilitas ke pengadilan oleh teman-teman disabel. Jangan sampai kita hanya sekedar menyusun dan ternyata outputnya tidak dapat digunakan atau dapat digunakan namun tidak optimal. Untuk itulah sengaja saya undang Ibu Cucu ini untuk membantu menguji kepantasan dan kelayakan media informasi yang kita susun ini.” Demikian kata Bu Direktur dalam sambutannya.

Kegiatan ini akan memfokuskan pada pembuatan media informasi yang berupa Media Informasi dengan Huruf Braile dan Media Informasi Audio Visual. Untuk media Informasi Huruf Braile telah tersedia bahannya yang akan dialihaksarakan yakni berupa Proses Berperkara Di Pengadilan Agama/ Mahkamah Syar’iyah Secara Manual dan Elektronik serta Tahapan 3 Perkara Cerai Talak, Cerai Gugat, Gugatan Lainnya, Upaya Hukum Banding, Kasasi, dan Peninjauan Kembali. Sementara untuk media informasi audio visual bentuknya adalah Animasi Video yang dilengkapi Penerjemah Bisindo, dimana materi yang termuat didalamnya meliputi: Akses Layanan, Jenis-Jenis Layanan Pengadilan, dan Prosedur untuk penyandang disabilitas di pengadilan.

20201019201058 IMG 9825-01111

Dalam pembahasan yang dilakukan senin malam (19/10) Dra. Cucu Nuraeni sempat memberika masukan terhadap bahan-bahan yang telah dibuat diantaranya perlunya dibuat Glosarium terhadap kata-kata yang rumit atau jarang didengar, misalnya Cerai Talak, Cerai Gugat, Upaya Hukum Luar Biasa, Domisili. “ Penyandang disabilitas itu lugu, kadang mereka menafsirkan Jatuh cinta itu sakit, karena menganggap jatuh itu sakit” Selorohnya dalam menerangkan sambil mencairkan suasana. Ia juga memberikan perhatian pada Volume media informasi sebaiknya juga memikirkan panjangnya konten dimana misalnya dalam Proses Berperkara secara manual terdapat 4 lembar apabila dialihaksarakan menjadi Huruf braile akan melonjak menjadi 12 halaman.

Diskusi dilanjutkan dengan menelusuri satu persatu materi bahan media informasi untuk menyederhanakan, mencari istilah lainnya yang lebih familiar, serta menggunakan persepektif penyandang disabilitas dalam menelaah agar nantinya media informasi ini akan benar-benar dirasakan manfaatnya bagi penyandang disabilitas di pengadilan.

(Agus Digdo/Foto: AR)

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Prosedur Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 

Selengkapnya

 

 

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

informasiKetua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

 

 Selengkapnya

 

 

Syarat dan Tata Cara Pengaduan

aduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

 Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Solo - Semarang Km. 23 Mojosongo 57322 

Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Instagram : pa_boyolali

Tautan Aplikasi