logo web trans

Ditulis oleh Indra Permana on . Dilihat: 3

Dirjen Badilag Luncurkan Aplikasi Inovasi PTA Surabaya

Surabaya | badilag.mahkamahagung.go.id

Dengan menempelkan telapak tangan di layar videotron, Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H. M.H. didampingi KPTA Surabaya Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. secara resmi meluncurkan aplikasi inovasi hasil karya PTA Surabaya, Kamis (24/10/2019) di Aula PTA Surabaya.

Peluncuran aplikasi ini manjadi salah satu rangkaian kegiatan selama sehari yang dilakukan oleh PTA Surabaya. Sebelumnya, dilaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan Drs. H. Busro, S.H., M.H. sebagai WKPTA Surabaya, Bambang Subroto, S.H. M.M. sebagi Panitera Pengganti di PTA Surabaya dan wisuda purnabakti Drs. H. Moh. Munawar dan beberapa hakim tinggi.

Hadir dalam peluncuran beberapa KPTA, hakim tinggi, panitera dan sekretaris PTA Surabaya, Ketua, Panitera dan Sekretari PA se-wilayah Jawa Timur. Hadir pula Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur yang akan untuk melakukan MoU dengan PTA Surabaya.

Aco Nur menyampaikan apresiasi kepada PTA Surabaya yang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengembangkan inovasi teknologi informasi dan peningkatan kualitas SDM. Menurutnya, aplikasi ini dapat mendukung kebijakan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Agama dalam modernisasi Peradilan berbasis teknologi informasi.

IMG 0113

Berikut aplikasi yang diluncurkan :

Pusat Layanan PTA Surabaya (PALAPA)

Pusat Layanan atau yang disebut PALAPA dibangun untuk mendukung implementasi aplikasi Command Centre Badilag yang telah dilaunching September 2019 lalu. Pusat Layanan Informasi ini telah terkoneksi dengan Pengadilan Agama se-Jawa Timur.

PALAPA difungsikan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui e-learning baik dengan Mahkamah Agung maupun Badilag. PALAPAjuga berfungsi sebgagai media pembinaan manajemen peradilan serta teknis yustisial PTA Surabaya ke Pengadilan Agama yang ada di wilayahnya.

Aplikasi Register Online Dan Keuangan (REOG)

REOG dikembangkan karena belum tersedianya aplikasi E Register dan E Keuangan untuk pengadilan tingkat banding. Sementara, Peraturan Mahkamah Agung RI nomor 1 tahun 2019 mengamanatkan penerapan register dan jurnal keuangan perkara elektronik.

Diharapkan dengan REOG ini pencatatan register dan jurnal keuangan penanganan perkara banding dapat dilakukan dengan cepat, efektif dan efisien.

Aplikasi Sistem Validasi Akta Cerai (SAKERA)

SAKERA dibangun karena banyaknya temuan akta cerai palsu. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan bagi para KUA untuk mengetahui apakah Akta Cerai itu Asli ataukah Palsu tanpa harus datang ke Kantor Pengadilan Agama.

Aplikasi telah diuji cobakan pada Pengadilan Agama Tuban dan Pengadilan Agama Banyuwangi serta dalam waktu dekat akan diterapkan di Pengadilan Agama Se-Jawa Timur.

Aplikasi ini dapat diakses oleh seluruh KUA di Jawa Timur melalui website. Untuk validasi akta cerai ini sangatlah mudah karena dalam aplikasi tersebut disediakan berbagai macam kata kunci.

Penerapan SAKERA ditandai dengan MoU antara Ketua PTA Surabaya dan kantor Wilayah kementerian Agama Jawa Timur

IMG 0273

Mengantri Sidang Tanpa Ribet (MAS KAREBET)

MAS KAREBET diambil dari nama panggilan Joko Tingkir yang merupakan sosok tangguh di tanah Jawa. Saat ini banyak model antrian sidang yang digunakan di Pengadilan, namun belum ada kepastian waktu persidangan. Aplikasi ini dibuat untuk memberi kepastian pencari keadilan menghadiri sidang.

Pencari keadilan akan dikirim pengingat berupa SMS (short massage service) dan melihat website karena jadwal sidang telah di terupload sehari sebelum hari sidang. Atau cukup melihat di schedule board di Pengadilan.

Aplikasi ini telah diuji cobakan pada Pengadilan Agama Surabaya dan Pengadilan Agama Kab. Malang dan berhasil menurunkan penumpukan pihak untuk mengikuti sidang.

INSTANPADU (Informasi Sertifikat Tanah dan Penetapan Ahli Waris Terpadu)

INSTANPADUmerupakan bentuk tindak lanjut MoU antara Pengadilan Agama Surabaya dengan BPN, dalam hal pengurusan penetapan ahli waris dan penerbitan sertifikat tanah.

Dengan INSTANPADU, perkara PAW yang sudah diputus dan sudah mendapatkan sertifikat dapat ditampilkan di halaman Website. Mekanisme kerja aplikasi yaitu saling memberikan informasi antara PA Surabaya dengan BPN Surabaya I dengan bertukar data yang diolah menjadi suatu data valid yang akan dipakai oleh dua instansi ini.

Data yang berumber dari SIPP diolah oleh aplikasi ini untuk menampilkan data PAW selanjutnya BPN akan mengakses aplikasi ini dengan mengisi data Perkara PAW dengan nomor dan jenis produk yang dikeluarkan oleh BPN.

Kesemua aplikasi dikembangkan oleh 9 Tim Inovasi PTA Surabaya yaitu Drs. Moh Mujib, M.H., Dr. H. Amam Fakhrurur, S.H., M.H., Dra. Hj. Ati Khoiriyah, M.H., Priyo Setiawan, S.Kom., Samino, S.Kom., Akh Edy Ismanto, S.ST., Ahmad Maktum Santoso, S.H.I, Nazrul Rachmadi, S.Kom., dan Hermiawan Zaki Yamani, S.T.

Tidak hanya aplikasi, PTA Surabaya juga meluncurkan Buku Pedoman Pelaksanaan Administrasi Perkara Dan Persidangan Secara Elektronik. (hirpan hilmi)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Pandanaran No. 167 Boyolali   57311

Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi