logo web trans

Ditulis oleh Indra Permana on . Dilihat: 10

Untuk Pertama Kali, Dirjen Badilag Serahkan Langsung SK Ketua PA

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. menyerahkan secara langsung Surat Keputusan (SK) promosi dan mutasi Ketua PA Kelas I A di Ruang Rapat Lantai 12, Gedung Sekretariat MA, Rabu (15/5/2019).

Menjadi peristiwa yang pertama kali dilakukan, penyerahan SK mutasi dan promosi 18 Ketua Pengadilan Agama (PA) Kelas IA Ibukota propinsi dan 23 PA Kelas IA non ibukota propinsi ini tidak hanya sekedar pendistribusian SK. Badilag ingin mendengar langsung pembacaan kontrak kinerja sekaligus menyaksikan penandatanganannya. Melalui kontrak kinerja, diharapkan arah pengelolaan menjadi lebih professional, tertib, bersih, dan jauh dari budaya koruptif.

Dalam kontrak kinerja yang dibacakan sendiri, Ketua PA berjanji untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik dalam memimpin pengadilan, akan mendukung dan menjalankan program-program yang dicanangkan oleh Ditjen Badilag dan akan melaksanakan program-program prioritas Ditjen Badilag meliputi APM, PTSP, SIPP, LHKPN, Website, E-Court, Zona Integritas, ABS dan SIKEP MA, E-Register dan E-Keuangan Perkara, Reformasi Birokrasi, Arsip Berkas Perkara dan Perpustakaan.

Di hadapan Dirjen Badilag, Sekretaris Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag., mereka juga berjani untuk melakukan inovasi dan kreasi dalam memajukan peradilan agama yang modern dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai peraturan yang berlaku. Seluruhnya berjanji, tugas-tugas itu akan ditingkatkan pencapaiannya melebihi capaian pimpinan sebelumnya. Mereka juga berjanji, dalam waktu 6 bulan mampu meningkatkan kinerja melalui SIPP sebesar 80 % atau minimal rangking 15. Jika tidak tercapai, mereka bersedia untuk mengundurkan diri.

Menyaksikan langsung pembacaan kontrak kinerja, H. Aco Nur menaruh harapan besar kepada penerima SK untuk mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi di PA baru yang akan ditempati. “Bapak dan ibu ini adalah orang yg luar biasa karena masuk dalam aspek penilaian Badilag. Badilag tidak akan ragukan bapak ibu untuk memimpin organisasi pengadilan agama,” katanya

Apresiasi dan juga disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Badilag. “Bapak ibu sekalian bahwa kebijakan bapak dirjen direspon baik oleh bapak ibu, ini bisa kita buktikan bahwa rapot SIPP tidak lagi berada di zona merah, kemudian PTSP sudah selesai, kemudian e-Court masih dalam proses. Namun bapak ibu sekalian perlu saya sampaikan bahwa kerja keras bapak ibu jangan dikurangi dengan keluh kesah” tegasnya.

Sementara itu Candra Boy Seroza menyampaikan pimpinan pengadilan agama saat ini merupakan hasil penilaian yang dikembangkan Ditjen Badilag. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu program prioritas Badilag pada saat ini adalah melakukan penilian kinerja berbasis prestasi. “Seperti bapak ketahui bahwa keadilan itu tidak hanya diwujudkan tetapi harus tampak diwujudkan, keadilan tidak hanya dilihat dari keputusan yg berkualitas tetapi juga harus diliat dari proses bagaimana putusan itu bisa dilahirkan” katanya.

Untuk menjaring pimpinan pengadilan, ada beberapa aspek yang menjadi bahan pertimbangan Ditjen Badilag. Sebagaimana Surat Dirjen Badilag Nomor 121/DjA/KP.021/I/2019 setidaknya ada 18 kriteria yang dinilai dalam sistem promosi dan mutasi tenaga teknis di lingkungan peradilan agama.

Dirjen Badilag menyampaikan bahwa sistem yang sudah diterapkan ini memerlukan masukan atau evaluasi terus menerus supaya benar-benar pakem, benar-benar berada dalam jalur yang nilai keadilannya bagi seluruh jajaran peradilan agama. “Melalui sistem ini, diharapkan tidak ada lagi orang yang tidak mampu, tapi ditempatkan di tempat yang  strategis. Sistem ini telah saya masukan ke dalam website, jadi berilah kritik dan saran demi kebaikan kita bersama” pintanya.

H. Aco Nur kembali mengingatkan kepada Ketua PA untuk melayani masyarakat dengan baik. Menurutnya ada beberapa pengadilan agama yang telah melakukan peningkatan kinerja seperti di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat serta beberapa di wilayah lain. “Oleh sebab itu teman-teman Ketua PA di luar Jawa  khususnya PA ibukota propinsi untuk bisa meningkatkan kinerja dan menjadi inspirasi bagi PA-PA disekitarnya, sehingga menjadi model percontohan” ungkapnya. (hirpan hilmi)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Pandanaran No. 167 Boyolali   57311

Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi