Ketua Pengadilan Agama Boyolali Ikuti Pelatihan Edukasi dan Tindak Pidana Pasar Modal

Ditulis oleh Muhammad Makhrus on .

Ditulis oleh Muhammad Makhrus on . Dilihat: 293

Ketua Pengadilan Agama Boyolali Ikuti Pelatihan Edukasi dan Tindak Pidana Pasar Modal

Rabu, 13 Desember 2023, Ketua Pengadilan Agama Boyolali Bapak Drs. Media Rinaldi, M.A. mengikuti webinar edukasi pasar modal dan tindak pidana pasar modal yang diselenggarakan oleh Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) secara daring.

Acara pembukaan diawali opening speech oleh Samsul Hidayat selaku Direktur Utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (PT. KSEI) dan Antonius Hari PM yakni Kepala Departemen Pengaturan dan Pengembangan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan. Inti dari opening speech pada webinar ini adalah mendorong PT KSEI dan semua jasa keuangan untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan para hakim agar permasalahan pasar modal tertangani dengan baik. Acara berlanjut dengan keynote speech yang disampaikan oleh Dr. H. Yasardin, S.H., M.H. selaku Ketua Umum Ikatan Hakim Indonesia, merujuk kepada adanya 13 kasus yang terdiri dari 7 kasus tindak pidana dan 6 kasus pelanggaran administrasi pda tahun 2023.

Acara selanjutnya yaitu penandatanganan MoU Kegiatan Edukasi Pasar Modal IKAHI dan TICMI. MoU tersebut menjadi bagian dari webinar yang dirangkai sebagai pelatihan“Tindak Pidana Pasar Modal” yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (PP IKAHI) bekerjasama dengan The Indonesia Capital Market Institut (TICMI) dan dilanjutkan dengan 3 materi yang disampaikan oleh para pakar yang membidanginya.

Diharapan peserta setelah mengikuti acara webinar ini dapat memahami Pasar Modal Indonesia yang meliputi skema dan jenis Fraud, mekanisme penyidikan terhadap tindak pidana sektor jasa keuangan dan kasus tindak pidana yang terjadi di industri Pasar Modal Indonesia beserta penyelesaiannya. Acara tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bagi para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam menerapkan kebijakan dalam mewujudkan kepastian hukum bagi pelaku pasar modal sehingga pertumbuhan investasi di Indonesia lebih baik. Bagi penegak hukum, khususnya hakim sehingga dalam putusannya dapat memberikan keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum dalam penegakan hukum di Indonesia.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boyolali

Jl. Solo - Semarang Km. 23 Mojosongo 57322 

Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah

Telp. (0276) 321014,  Fax. (0276) - 321599

Website : www.pa-boyolali.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

          Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Instagram : pa_boyolali

Tautan Aplikasi